Mengenai sejarah ISO 9001 yang selama ini dijadikan sebagai patokan standar sebuah perusahaan memang belum terlalu dikenal orang. Bahkan banyak yang masih mengira bahwa ISO 9001 merupakan singkatan dari sebuah organisasi internasional. Sehingga untuk bisa mendalami mengenai standar perusahaan ini maka mengetahui mengenai sejarahnya juga sangat penting untuk dipertimbangkan.
Memahami Makna ISO
Sebenarnya ISO berasal dari kata Yunani yaitu ISOS yang memiliki arti sama, jadi bukan singkatan nama perusahaan yang selama ini dipikirkan oleh orang awam kebanyakan. Selama ini banyak yang berpikir bahwa ISO adalah singkatan dari International Standard of Organization padahal bukan. ISO 9001 ini adalah standar yang dibuat secara internasional untuk mengatur sistem manajemen mutu atau sering juga dikenal dengan istilah ISO 9001, QMS atau Quality Management System.
Standar internasional ini terus mengalami perubahan atau revisi karena menyesuaikan dengan perkembangan jaman serta adanya berbagai kemajuan di dunia teknologi yang ada saat ini. Apalagi dunia usaha yang semakin luas tentunya juga mendesak pengelolaan sistem manajemen mutu juga perlu untuk diperbaharui. Maka dari awal dikembangkan, ISO terus mengalami perkembangan dengan sejarah ISO yang juga perlu dipahami dengan baik.
Mengenal Sejarah ISO dan Perkembangannya
Dalam perkembangannya ada beberapa tahapan yang dialami oleh ISO ini agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan di dunia usaha. Sehingga standar mutu yang ditetapkan juga akan terus maju sesuai dengan tuntutan jaman saat ini. Berikut beberapa tahap perkembangan ISO dalam perjalanan sejarahnya yaitu :
- Pre ISO 9000 dibuat untuk mengatasi berbagai masalah persoalan mutu dalam industri teknologi tinggi di Inggris, sehingga solusinya adalah membuat dokumentasi mengenai proses produksi dengan standar kode yang dibuat pada saat itu adalah membuat kode khusus yaitu BS 5750. Kemudian pada tahun 1987 pemerintah Inggris mengakui kode BS 5750 menjadi standar internasional dan ditetapkan sebagai ISO 9000
- Versi 1994 menekankan pada tindakan preventif sehingga hanya dilakukan pemeriksaan pada produk akhir namun tetap dengan adanya prosedur terdokumentasi. Namun ternyata pertimbangan ini menghasilkan begitu banyak manual prosedur yang membebani organisasi untuk melakukan birokrasi yang tidak perlu
- Versi 2000 dibuat dengan memadukan standar 9001, 9001 dan 9003 menjadi satu standar pokok yaitu 9001. Dalam pembuktian adanya pemenuhan persyaratan yang telah ditentukan dalam ISO 9001 maka sebuah organisasi harus mampu untuk menyediakan bukti objektif bahwa standar mutu memang sudah diaplikasikan dengan baik. ISO 9001 versi 2000 ini memang lebih fleksibel terhadap pendokumentasian sistem manajemen mutu
- Versi 2008 dikeluarkan pada tanggal 14 November namun memang tidak ada aturan baru yang tercantum di dalamnya. Tetapi revisi yang dilakukan pada versi ini lebih kepada penegasan berbagai pernyataan yang sudah ada di versi sebelumnya. Sehingga akan lebih mudah untuk siapa saja memahami mengenai berbagai pernyataan serta aturan yang ada di dalam ISO 9001 versi 2008 ini
Perkembangan sejarah yang ada pada aturan atau standar internasional ISO memang terus disesuaikan dengan kondisi industri yang ada. Hingga saat ini, standar ini terus dikembangkan dan digunakan sebagai jaminan mutu dari sebuah organisasi atau perusahaan dalam menjalankan proses produksinya. Sehingga ada standar khusus yang memang dijalankan sama rata secara internasional demi meningkatkan mutu serta kualitas kinerja sebuah perusahaan. Pemahaman akan sejarah ISO ini akan menjadi bagian yang penting.
3. kredibilitas ISO untuk perusahaan
Melihat Kredibilitas ISO Untuk Perusahaan
ISO memang sudah menjadi standar internasional yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan dalam menjalankan industrinya, maka kredibilitas ISO untuk perusahaan memang sangatlah penting. Sebuah perusahaan dikatakan sudah mencapai standar mutu dan dapat menjalankan perusahaannya dengan baik jika sudah memiliki sertifikat ISO. Sehingga salah satu pencapaian yang perlu untuk dipersiapkan dengan baik tentu saja adalah mendapatkan sertifikat resmi ISO ini.
Menghemat Biaya
Memiliki sertifikat ISO membuat sebuah perusahaan sudah memiliki manajemen khusus yang dapat mengetahui dengan baik bagaimana kinerja perusahaan itu sendiri. Sehingga mereka bisa membuat langkah preventif jika sampai ada produk yang gagal. Sehingga salah satu kredibilitas ISO untuk perusahaan adalah menghemat budget yang harus dikeluarkan untuk membayar produk yang gagal tersebut. Untuk perusahaan yang memang menghasilkan produk tentunya hal ini sangatlah rekat dengan aktivitas sehari-hari dimana kegagalan adalah sebuah resiko yang terkadang bisa saja terjadi. Peningkatan mutu manajemen dan produksi yang baik maka masalah tersebut dapat diatasi dengan baik dan membuat proses produksi menjadi jauh lebih optimal lagi tentunya.
Memaksimalkan Kredibilitas dari Perusahaan
Ketika sebuah perusahaan mendapatkan sertifikat ISO maka sudah tentu akan meningkatkan kredibilitasnya. Pemberian sertifikat ISO membuktikan bahwa perusahaan ini sudah bisa melakukan tindakan yang cepat dalam mengatasi masalah dan setiap aktivitas yang dilakukan di dalamnya tentu sudah sesuai dengan standar mutu yang sudah ditentukan secara internasional. Sehingga sudah tentu hal ini juga akan memberikan keuntungan untuk dirasakan oleh pihak perusahaan secara optimal.
Membuat Kinerja Para Pekerja Lebih Efektif
Demi memenuhi standar ISO sesuai dengan aturan yang ada maka setiap orang yang ada dalam perusahaan tentunya akan melakukan langkah terbaik. Dengan begitu peningkatan mutu kualitas kinerja dari semua aspek tentunya sudah dilakukan sesuai standar internasional yang ada. Sehingga dengan adanya sertifikat ISO sebagai salah satu tujuan perusahaan akan membuat kinerja para karyawannya juga terus berkembang dan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.
Jaminan Kualitas Internasional
Di mata konsumen atau klien, perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat ISO tentunya sudah terjamin kualitasnya berstandar internasional. Maka orang lain akan menilai bahwa produk perusahaan itu sudah tentu terjamin kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Meskipun memang proses untuk mendapatkannya cukup panjang tetapi memang sangat berarti untuk didapatkan karena keuntungan jangka panjang yang didapatkan akan membuat usaha tersebut terasa bermakna.
Meningkatkan Kelas Perusahaan
Sebagaimana dengan adanya sertifikat ISO berarti perusahaan tersebut sudah memiliki kualitas mutu yang terjamin sesuai standar internasional maka kelas perusahaan juga akan meningkat. Imaga yang dibangun cukup lama dengan perjuangan yang keras akan membuahkan hasil yang lebih optimal. Sehingga sebuah perusahaan perlu melakukan perencanaan secara optimal mengenai pembenahan dari berbagai faktor untuk bisa mencapai standar internasional berdasarkan aturan ISO 9001.
Perjalanan sebuah perusahaan untuk bisa terus meningkatkan mutu produksi, manajemen dan berbagai sektor lainnya tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan perencanaan serta implementasi yang tepat agar dapat memenuhi segala persyaratan ISO yang tentunya sangat ketat. Mengenai mutu memang tidak bisa dibohongi apalagi dalam penilaian ISO ada berbagai poin penting yang harus dipertimbangkan dengan baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa kredibilitas ISO untuk perusahaan sangatlah penting untuk sebuah perusahaan dalam mendapatkan manfaat lainnya sebagai imbas dari usahanya mencapai pemenuhan terhadap standar ISO tersebut.